Keyword tidak harus terdiri dari satu kata seperti kata free,
tapi bisa juga gabungan beberapa kata seperti free mp3,atau free download mp3.
Apa yang diharapkan dari sebuah keyword ?
seperti yang disebutkan diatas keyword digunakan untuk mendapatkan visitor atau pengunjung melalui search engine,
jadi setiap keyword yang kita masukan dalam website merupakan “undangan” kita untuk site visitor atau pengunjung yang “dikirimkan” oleh search engine,
setiap keyword yang kita masukan pada website tergantung dari target market yang kita cari,
pada sebuah pencarian hasil yang ditampilkan tidak selalu dari keyword utama yang kita inginkan, terkadang dari copy halaman yang terdapat pada website kita,biasanya panjang keyword yang baik adalah 2 sampai 5 kata.
Dalam dunia Search Engine marketing, kita akan selalu berhubungan dengan kata kunci atau lebih dikenal dengan KeyWord.
Keyword sendiri memiliki beberapa jenis yang masing-masing jenis memiliki keunikan dan kebutuhan masing-masing. Jenis-jenis yang ada saat ini seperti Browsing Keyword, Comparison Keyword, dan Buying Keyword.
Browsing keyword adalah kata-kata yang dimasukkan pencari pada saat mereka mencari suatu informasi. Sedangkan Comparison Keyword adalah saat mereka mencari perbandingan atau ingin mendapatkan informasi lengkap untuk sebuah produk.
Buying keyword adalah yang paling baik dari semuanya. mereka yang menggunakan keyword ini biasanya sudah ingin membeli suatu produk. Mereka biasa menggunakan kata kunci dengan menambahkan kata beli, sewa, jual, dsb.
Sebagai pemasar, tentu kita ingin menargetkan untuk buying keyword. namun keyword jenis ini akan mendapatkan kompetisi yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis keyword yang lain.
Ada keyword lain yang sama-sama menguntungkan seperti buying keyword tetapi dengan kompetisi yang lebih rendah. jenis ini dikenal dengan nama Branding Keyword.
kita menggunakan branding keyword untuk membuat branding di dunia offline. Misalnya, anda memiliki sebuah produk obat pelangsing. Tentu anda ingin apabila orang mengetikkan ‘obat pelangsing’ di mesin pencari, produk anda ada di halaman pertama hasil pencarian, betul? Namun untuk berkompetisi di kata kunci ‘obat pelangsing’ tentu tidak mudah.
oleh karena itu, untuk memaksimalkan penggunaan branding keyword dengan kompetisi yang lebih rendah, anda bisa menggunakan kata kunci tambahan seperti ‘terbaik’. Jadi sekarang anda bisa menargetkan untuk kata kunci ‘obat pelangsing terbaik’. Dengan demikian, anda mendapatkan kata kunci dengan kompetisi yang lebih rendah dan branding yang lebih baik.
Kenapa dianggap memiliki branding yang lebih baik? karena percaya atau tidak, kebanyakan orang masih beranggapan bahwa halaman 1 hasil pencarian mesin pencari selalu benar. Jadi apabila anda ada di halaman pertama untuk kata kunci + terbaik, pencari langsung menganggap bahwa produk anda termasuk yang terbaik.
Pertanyaan berikutnya: Siapa yang akan mencari dengan kata kunci + terbaik? jawabannya adalah: TIDAK ADA. Karena kebanyakan pengguna mengabaikan kata kunci tambahan ‘terbaik’. kalau seperti itu, apa keuntungan dengan menggunakan branding keyword? Seperti telah saya sebutkan diatas, untuk pemasaran offline.
Sebagai pemasar, anda bisa menunjukkan kepada calon pelanggan anda bahwa anda adalah yang terbaik versi Search Engine. dan mereka akan percaya bahwa anda salah satu yang terbaik karena anda ada di halaman pertama. Bagus?
Metode ini sangat sederhana namun bisa meningkatkan nilai branding anda seketika saat produk anda ada di halaman pertama.
Lima langkah membuat efektif keyword
Rieset keyword adalahsesuatu aspek yang vital dari perencanaan Search Engine Optimizaton, jika situs anda memasang keyword yang salah, search engine dan customer anda tidak akan menemukan website anda
Proses riset keyword dapat di jabarkan dalam beberapa poin berikut ini:
1 . Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut 2x
2 . Gunakan Tool Riset Keyword
3 . Pastikan Daftar Keyword Anda Sekali Lagi
4 . Rencanakan Langkah Anda
5 . Submit ke Search Engine
Penjelasan:
1 . Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut 2x
Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial keyword. Pikirkan semua kata-kata yang akan di ketikkan visitor dalam kotak search google atau search engine lainnya untuk menemukan website anda
contoh "tutorial photoshop" atau "laptop murah"
2 . Gunakan Tool Riset Keyword
Dalam hal ini kita ambil contoh kita hendak memasang keyword "tutorial photoshop", sebelumnya kita tidak tahu berapa nilai persainganm, dari keyword "tutorial photoshop" tersebut, semakin tinggi nilai persaingan maka semakin banyak visitor mencari keyword tersebut.
Contoh:
Perbandingan dan Nilai persaingan
tutorial photoshop 50
belajar photoshop 20
maka orang lebih suka mencari keyword "tutorial photoshop" daripada "belajar photoshop"
Nah dalam mencari perbandingan nilai keyword kita dapat menggunakan beberapa tool yang tersedia di internet, ada yang gratis dan ada yang bayar, diantaranya:
Overture Keyword Selector Tool (Gratis):
http://inventory.overture.com/d/searchinventory/suggestion/
Overture selain menunjukkan persaingan keyword, dia juga menampilkan kombinasi frase-frase keyword terkait
hal ini cocok untuk mencari "Niche Market"
Wordtracker: - tool bagus, tapi untuk versi gratisnya dia hanya menampilkan Search Result MSN,
http://www.wordtracker.com/
Google AdWords Keyword Tool:
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
Bagi yang ingin memasang Adwords anda bisa mengetahui harga keyword di sini
3 . Pastikan Daftar Keyword Anda Sekali Lagi
Dibagian ini anda tahu sendiri apa yang harus nya di lakukan, apakah memilih keyword yang mempunyai persaingan tinggi atau persaingan rendah (Niche market)
Contoh:
Perbandingan dan Nilai persaingan
tutorial photoshop 50
belajar photoshop 20
Disini terserah, anda pilih menggunakan keyword yang mana
=> Jika anda menggunakan keyword yang mempunyai persaingan tinggi, maka untuk mengimbanginya website anda harus ber-pagerank tinggi pula
=> Jika anda menggunakan keyword yang mempunyai persaingan rendah (Niche Market), maka website anda dapat dengan mudah meraih Ranking #1 di Google
4 . Rencanakan Langkah Anda
Siapkan langkah anda dan pasang keyword-keyword tersebut pada:
# Title Tag
# Meta Description Tags
# Meta Keywords Tag
# Headings
# Alt text
# Anchor Text/ Navigational Links keyword
5. Submit ke Search Engine
Anda bisa mensubmit website anda ke Google di : www.google.com/addurl dan Yahoo
# Anchor Text/ Navigational Links keyword
5. Submit ke Search Engine
Anda bisa mensubmit website anda ke Google di : www.google.com/addurl dan Yahoo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar